Durian Petruk Pasar Ngabul Jepara Terlezat di Dunia

41durian-jepara
Banyak orang menjadikan buah Durian sebagai buah favorite mereka. Buah berwarna coklat kekuningan yang diliputi duri besar ini pun memiliki banyak varian. Di antaranya ada durian dengan daging berwarna merah, kuning, putih, dan lain-lain. Bagi pecinta dan penikmat buah durian, musim durian adalah hari yang dinanti-nanti. Biasanya ketika musim durian tiba, buah berkulit tebal dan berduri tersebut bisa Anda jumpai di berbagai tempat dan dengan harga yang variatif tergantung besar dan kecilnya buah. Terutama di kawasan sekitar Jepara dan Pekalongan.

Pasar Ngabul atau Pasar Buah Ngabul, di situ adalah salah satu tempat yang mungkin tidak boleh dilewatkan oleh penggemar Durian. Pasar Ngabul merupakan sebuah pasar tradisional yang menjadi pusat pasar buah di Jepara, terutama buah Durian yang terkenal lezat di sana. Karena begitu lezatnya, Pemerintah Kabupaten Jepara bahkan menetapkannya sebagai Pasar Durian Jepara. Di depan Pasar Ngabul Anda pun bisa menjumpai ini tugu buah durian.

Dari malangcorner.com memberikan informasi bahwa, pasar ini terdapat di Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara (7 km sebelum masuk kota Jepara dari arah Kudus). Pasar ini awalnya berdiri di depan Jalan Raya Ngabul tepatnya di 50 meter sebelum bundaran ngabul, tapi karena sering menjadi penyebab kemacetan arus jalan raya. Maka Pemerintah Kabupaten Jepara memindahkan Pasar Ngabul di dalam jalan desa.

Durian yang menjadi andalan Pasar Duren Ngabul adalah jenis petruk. Durian petruk, yang juga menjadi buah khas Jepara yang diminati banyak penggemar.

“Durian ini meski harganya sedikit mahal tapi rasanya sangat enak dan daging buahnya juga sangat tebal,” ujar Aida salah satu penggemar Durian Petruk.

Durian petruk memang memiliki cita rasa yang unik, daging buah yang tebal, rasa buah manis yang bercampur rasa kepahit-pahitan dan menjadikan ciri khas durian jenis petruk ini. Tak hanya orang Jepara saja yang menyukai Durian jenis ini, dari luar kota pun banyak. (IDA/HM)

*sumber :muria.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *